Cara Menanam Bunga Menggunakan Media Pot

75 views

Sattv4pc.Com – Cara Menanam Bunga Menggunakan Media Pot, Cara Menanam Bunga Menggunakan Media Pot

Cara Menanam Bunga Menggunakan Media Pot

Menanam tanaman atau bunga menggunakan media pot merupakan kegiatan yang sangat digemari oleh masyarakat kita saat ini. Karena menanm bunga atau tanaman lain dengan media pot selain menjadikan rumah kita menjadi asri juga membuat rumah kita menjadi sejuk, selain itu yang tidak kalah pentingnya adalah tidak diperlukan lahan yang luas menanam menggunakan media pot, bahkan kita juga bisa menggantungnya, atau menempelkanya di dinding sehingga sangat fleksibel tidak memerlukan tempat atau space yang luas.
Berbeda dengan vas bunga yang kebanyakan menggunakan air sebagai penyangga hidup dari bunga, menggunakan pot kita menggunakan tanah sebagai media tumbuh dari bunga atau tanaman, sehingga tanaman atau bunga yang akan ditanam lebih variatif dan lebih banyak jumlah nya dibandingkan menggunakan media vas bunga.
Pemilihan pot
Gunakan pot yang terbaik dengan mempertimbangkan drainase air, apakah cukup baik atau tidak bahan juga sangat mempengaruhi untuk tanaman yang ingin memiliki air denga daya tahan yang lama menggunakan bahan plastik sangat di sarankan, karenan air tidak dengan mudah begitu saja keluar dari pot. Namun menggunakan pot dengan bahan tanah liat juga sangat bagus bagi saya, untuk menjaga kelembaban tanaman atau bunga.
Tanah
Gunakanlah media tanah yang memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, karena tanaman pot tentu saja sangat berbeda denga tanaman di kebun atau ladang. Dengan bahan tanah sebagai media yang sedikit maka mau tidak mau diperlukan tanah dengan nutrisi yang tinggi, Gunakan kompos yang sudah banyak tersedia di toko tanaman.
Hama
Sama dengan tanaman yang lainya, tanaman pot juga rentan dengan hama dan penyakit. Untuk itu harus diperhatikan hama pengganggu, hal yang terpenting ketika bunga terkena hama segera gantilah tanah dengan tanah yang baru. Karena sudah pasti tanah yang lama sudah tercemar dengan hama dan peyakit.
Perhatikan biasanya bunga seringkali mengalami bercak-bercak pada daun kelopak nya, ini dinamakan penyakit bercak daun solusinya tinggal cabut kelopak atau daun yang berbercak tersebut agar tidak menular ke bagian yang lain. Ada juga karat daun yang membuat daun bercak-bercak jingga. Benkal pangkal batang merupakan pembengkakan batang dekat permukaan tanah. Solusi nya adalah dengan menyemprotkan fungisida zat kimiawi yang efektif untuk membunuh hama, namun jangan sampai digunakan secara berlebihan.
Sinar matahari
Pastikan tanaman atau bunga anda mendapatkan sinar matahari yang tepat, pastikan tempat tanaman pot anda tidak berada pada tempat yang gelap (tidak terkena sinar matahari sekali).
Pupuk
Gunakan pupuk organik yang baik bagi bunga anda, beberapa sudah banyak di toko. Untuk lebih baik nya anda tanyakan ke penjaga toko pupuk, pupuk apa yang terbaik bagi tanaman anda. Karena  seringkali beda tanaman maka bedap pula jenis pupuk yang digunakan. Tanaman seperti mawar dan tomat tentu memerlukan lebih banyak magnesiun dan sufat.
Perhatikan pula keadaan fisiologis dari tanaman, apabila tanaman terihat kurus atau pendek, berwarna pucat maka kemungkinan tanaman mengalami kekurangan nutrisi.
Tips gunakan pupuk bubuk kopi, yang kering. Tanaman yang suka asam sangat menyukai pupuk kopi ini.  Bekas abu kayu bakar juga sangat disukai oleh tanaman  yang suka asam.
Siram
Lakukan penyiraman dengan teratur setiak hari, untuk memastikan tanaman anda tidak kekurangan air
Ukuran pot

Kalau memang tanaman sudah besar, dan pot yang sekarang tidak lagi memungkinkan sebagai media. Ada baiknya kalau pot diganti dengan pot yang memiliki ukuran lebih besar sehingga muat untuk tanaman atau bunga anda.

Terima Kasih Atas kunjungan anda di halaman  Cara Menanam Bunga Menggunakan Media Pot, Jangan lupa untuk Membookmars Halaman ini jika  Cara Menanam Bunga Menggunakan Media Pot berguna untuk anda.

Leave a reply "Cara Menanam Bunga Menggunakan Media Pot"

No related post!